CARA MENCUCI TANGAN YANG TEPAT SEBAGAI USAHA MENGHENTIKAN WABAH CORONA | Blog

13 July

CARA MENCUCI TANGAN YANG TEPAT SEBAGAI USAHA MENGHENTIKAN WABAH CORONA

Cara Mencuci Tangan yang Tepat Sebagai Usaha Menghentikan Wabah Corona

Oleh : dr. Pynkan Lafanda

  Latar Belakang

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penyebaran penyakit Covid-19 disebabkan oleh kontak erat sejak Desember 2019. Penyebaran melalui droplet atau percikan seperti saat orang terinfeksi berbicara, batuk, dan bersin atau kontak langsung. Kontak langsung terjadi saat tangan yang terkontaminasi virus memegang mulut, hidung, atau mata. Lalu virus tersebut dapat berpindah dari satu permukaan ke permukaan lainnya oleh tangan terkontaminasi yang menjadi penyebaran kontak secara tidak langsung. Maka dari itu perlu dilakukan berbagai usaha mengurangi penyebaran untuk menghentikan wabah corona tersebut. Perilaku sederhana yang dapat kita lakukan untuk membersihkan tangan yang terkontaminasi virus adalah mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

 

Cara Mencuci Tangan yang Tepat

Mencuci tangan harus dilakukan dengan tepat agar seluruh permukaan tangan terbasuh dan benar-benar bersih. Keseluruhan proses mencuci tangan memerlukan waktu selama 60 detik agar efektif. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun dengan memperhatikan 6 langkah :

1.     Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Saat kita berkeringat, keringat bisa berkumpul di telapak tangan. Jika dibiarkan, kuman yang menempel bisa terus berkembang biak. Telapak tangan juga bagian utama yang bersentuhan dengan permukaan benda dan sumber kotoran.

 

2.     Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Punggung tangan juga berpotensi menyimpan kuman dan kotoran. Kita usap dan gosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Sebaliknya, punggung tangan kanan dibersihkan dengan cara diusap dan digosok menggunakan telapak tangan kiri.

 

3.     Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. Kedua telapak tangan dirapatkan, lalu saling kaitkan jari. Kemudian saling gosok sela-sela jari tersebut.

 

4.     Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Langkah ini memastikan bagian punggung jari juga ikut dibersihkan dan terkena busa sabun secara maksimal. Letakkan punggung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi saling mengunci. Selanjutnya, putar-putarkan punggung jari tersebut di atas telapak tangan. Lakukan bergantian untuk tangan sebaliknya. 

 

5.     Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Langkah ini untuk memastikan kuman dan kotoran di sekeliling jempol ikut terbilas. Sela-sela jempol adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda, sehingga harus ikut dibersihkan. Caranya dengan menggenggam jempol kiri menggunakan telapak tangan kanan. Gosok memutar beberapa kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya.  Lakukan bergantian untuk tangan sebaliknya

 

6.     Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.. Caranya dengan kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putar selama beberapa kali. Lakukan bergantian untuk tangan sebaliknya.  Cuci tangan akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong.

 

Bilas dengan air bersih dan keringkan. Setelah semua langkah cuci tangan selesai dilakukan dan seluruh bagian tangan sudah digosok bersih, saatnya membilas kembali sisa sabun dengan air mengalir. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun cuci tangan yang tersisa. Lalu, keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu kering. Agar higienitas tangan tetap terjaga, matikan keran dengan siku tangan atau kain bersih agar kuman yang menempel di keran tidak mencemari tangan yang sudah bersih. 

Jika tidak menemukan air dan sabun, dapat diganti dengan larutan berbahan dasar alkohol yang biasa disebut hand-sanitizer. Urutannya sama dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

 

DAFTAR PUSTAKA

[1]              Qun Li, M.Med., Xuhua Guan, Ph.D., Peng Wu, Ph.D., Xiaoye Wang, M.P.H., Lei Zhou, M.Med., Yeqing Tong, Ph.D., Ruiqi Ren, M.Med., Kathy S.M. Leung, Ph.D., Eric H.Y. Lau, Ph.D., Jessica Y. Wong, Ph.D., Xuesen Xing, Ph.D., Nijuan Xiang, M.Med., et al. (2020). Early Transmission Dynamics in Wuhan, China, of Novel Coronavirus–Infected Pneumonia. The New England Journal of Medicine, N ENGL J MED 2020; 382:1199-1207.

[2]              World Health Organization (1 April 2020). WHO Interim Recommendation on Obligatory Hand Hygiene Against Transmission of Covid-19. Citing Internet sources URL https://who.int/docs/default-source/inaugural-who-partners-forum/who-interim-recommendation-on-obligatory-hand-hygiene-against-transmission-of-covid-19.pdf. [ diakses pada tanggal 18 Mei 2020 pukul 10.00 ]

[3]              Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020). Flyer: 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Citing Internet sources URL https:// http://promkes.kemkes.go.id/flyer-6-langkah-cuci-tangan-pakai-sabun-ctps.html. [ diakses pada tanggal 28 Mei 2020 pukul 09.50 ]

[4]              Centers for Disease Control and Prevention (2 April 2020). When and How to Wash Your Hands. Citing Internet sources URL https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html [ diakses pada tanggal 28 Mei 2020 pukul 10.30 ]

 

 

Posted by Administrator Posted on July 13, 2020